Senin, 25 Agustus 2014

Apa Saja Sih Yang Dibutuhkan Ketika Mendaki Gunung ?

 Ilustrasi sebuah pertanyaan

     Apa Saja Sih Yang Dibutuhkan Ketika Mendaki Gunung? yah mungkin itulah pertanyaan yang sering ditanyakan ketika pertama kali seseorang melakukan pendakian atau bagi teman-teman yang ingin mencoba melakukan pendakian. Setelah beberapa kali menulis catatan perjalanan tentang pendakian. Kali ini saya akan berbagi tentang apa saja sih yang dibutuhkan ketika mendaki gunung.


     Terlebih dahulu mari kita bedakan dulu tentang peralatan/kebutuhan pribadi dan kelompok yang harus dipersiapkan saat mendaki gunung. Berikut adalah kebutuhan pribadi dan kelompok yang harus dipersiapkan.

1. Alas Kaki (Pribadi)


Ketika mendaki gunung tentunya kita akan banyak berjalan, maka dari itu kita harus mempersiapkan alas kaki yang nyaman untuk berjalan, selain nyaman gunakanlah alas kaki yang kuat untuk dipakai diberbagai medan. Karena jika alas kaki yang dipakai tidak kuat dipakai diberbagai medan, bisa saja alas kaki yang kita pakai akan rusak (misal sandal putus ditengah perjalanan) dan itu akan membuat perjalanan kita semakin sulit.

2. Tas (Pribadi)

Dalam sebuah perjalanan tentunya kita memerlukan tas sebagai tempat/wadah dari berbagai peralatan yang kita bawa selama perjalanan. Sesuaikan ukuran tas dengan barang-barang bawaan, sehingga barang yang dibawa dapat masuk didalam tas.

3. Logistik (Pribadi)

Logistik berisi bekal perjalanan selama di gunung. Untuk bekal bawa air mineral, makanan yang mudah dimasak bila memang harus melalui proses memasak (mie,beras,sarden dll),makanan ringan (snack,coklat,kacang,permen dll). Sesuaikan bekal dengan lama perjalanan yang ditempuh misal untuk air apabila perjalan membutuhkan 24 jam(untuk naik hingga turun) dan disepanjang perjalanan tidak menemui sumber mata air maka idealnya 1 orang membawa 2 liter air (bawa botol ukuran 1,5 + 600ml).

4. Pakaian Hangat (Pribadi)


Karena berada di dataran yang tinggi dalam sebuah kegiatan pendakian gunung, pakaian hangat sangat diperlukan agar seseorang tidak kedinginan dan mampu menjaga panas tubuh tetap setabil.

5. Matras (Pribadi)


Matras berfungsi sebagai alas tidur. Meski sudah membawa pakaian hangat fungsi matras tetntu saja tidak begitu saja diabaikan, udara dingin gunung membuat tanah sangat dingin, sehingga tak jarang apabila tidak memakai matras dinginnya tanah bisa menembus pakaian hangat yang kita pakai. Matras memang didesain sebagai alas tidur yang cocok untuk kegiatan outdoor, sehingga sangat disarankan untuk membawanya. Selain itu matras juga melindungi dari ranting atau batu kerikil yang membuat tidur terasa tidak nyaman.

6. Jas Hujan (Pribadi)


Jas hujan merupakan peralatan yang wajib ketika musim penghujan, namun apabila sedang musim kemarau tetaplah membawanya, setidaknya bisa berungsi sebagai alas untuk sekedar duduk atau tempat menaruh barang agar tidak kotor.

7. Senter (Pribadi)


Di malam hari dalam sebuah kegiatan pendakian tentu sangat dibutuhkan penerangan, senter merupakan peralatan yang penting, karena pada malam hari di gunung tentu tidak tersedia penerangan seperti halnya di kota.

8. Peralatan Kebersihan (Pribadi/Kelompok)


Dalam sebuah pendakian terkadang sulit mencari air, maka tak jarang pendaki harus menahan untuk tidak mandi. Selama pendakian tisu basah dan permen biasa digunakan untuk mengganti ritual mandi yang sehari-hari dilakukan. Bawa juga tisu untuk membersihkan peralatan memasak dan peralatan makan sesudah digunakan.

9. Peralatan Makan (Pribadi)


Bawalah peralatan makan yang tidak mudah pecah (terbuat dari plastik/alumunium).

10. P3K (Pribadi/Kelompok)


P3K biasanya terdiri dari beberapa obat-obatan seperti obat sakit kepala,perut/maag,anti masuk angin, minyak kayu putih, betadine dll. Kemas p3k siminimal mungkin agar tidak memakan ruang yang banyak dalam tas.

11. Peralatan Navigasi (Pribadi/Kelompok)


Peralatan navigasi biasanya terdiri dari (peta, kompas, gps). Dalam sebuah pendakian peralatan navigasi penting untuk menentukan lokasi/titik dimana seorang berada dan dimana arah yang diambil. Namun dalam sebuah perjalanan pendakian yang melalui jalur resmi peralatan navigasi jarang digunakan karena sudah banyak petunjuk jalan dan banyak pendaki, sehingga bagi yang pertama kali melalui jalur itu bisa bertanya dengan pendaki lain.

12. Pisau, Parang dan Tali  (Pribadi/Kelompok)


Dalam perjalanan pendakian biasanya pisau digunakan untuk membantu proses memasak (seperti memotong sayur, buah, membuka makanan kaleng dll). Sedangkan parang digunakan untuk memotong semak-semak yang menutup jalur pendakian ataupun berjaga-jaga dari binatang buas, namun di jalur resmi pendakian yang ramai parang jarang digunakan karena jalur sudah terbuka jelas dan sangat jarang pendaki bertemu dengan binatang buas. Tali digunakan untuk membuat bivak atau membuat jejak pada pohon.

13. Tenda (kelompok)

Tenda merupakan peralatan yang bisa digunakan lebih dari satu orang, maka tenda saya masukan dalam kategori peralatan kelompok. Tenda merupakan peralatan yang wajib apabila pendakian membutuhkan waktu yang lama dan harus menginap di gunung. Tenda berfungsi untuk tempat peristirahatan sementara untuk pendaki, tenda juga bisa menjadi tempat perlindungan dari cuaca buruk di gunung, seperti badai ataupun hujan.

14. Peralatan Memasak (Kelompok)


Dalam kegiatan mendaki gunung umumnya peralatan memasak terdiri dari beberapa barang seperti nesting (tempat memasak makanan) dan kompor beserta bahan bakarnya (ada kompor gasmate dengan gas, trangia dengan spirtus, kompor lapangan dengan parafin dan lainya) .Peralatan memasak bisa digunakan secara kelompok, jadi setiap individu tidak perlu membawanya satu per satu. Bawalah bekal yang mudah untuk dimasak ketika pendakian (mie, roti, sarden, kopi, susu dll), karena cuaca yang dingin di gunung nyala api jadi kurang maksimal, sehingga masakan membutuhkan waktu yang lama untuk matang. 

15. Kantong Sampah


Yah kantong sampah, bawalah kembali sampah yang kita hasilkan selama perjalanan, jadikanlah tradisi pada setiap perjalanan, jangan menbuang sampah sembarangan. Pastikan anak cucu kita dapat menikmati keindahan alam yang sama seperti saat kita menikmatinya.

Banyak dan ribet juga yah ternyata kalo mau mendaki. Peralatan diatas juga cocok diterapkan saat camping atau ketika melakukan kegiatan outdoor lainya. Sekian dulu dari saya, mungkin ada dari teman-teman pembaca mau menambahkan, silahkan tambahkan dalam komen yah. Semoga postingan saya kali ini bermanfaat bagi teman-teman pembaca, sekian terimakasih.




Comments
0 Comments
Facebook Comments by Media Blogger