Selasa, 11 November 2014

Mendaki Gunung di Musim Penghujan (Tips)

  

Mendaki Gunung adalah kegiatan yang menarik bagi beberapa kalangan yang menggemarinya, meski musim penghujan telah tiba, namun masih banyak orang yang melakukan kegiatan pendakian ini. Meski saat hujan banyak resiko yang mungkin dialami oleh para pendaki, namun manajemen peralatan yang baik dapat menjaga keselamatan setiap pendaki. Nah apa saja yang harus dipersiapkan dan diperhatikan, berikut adalah pembahasannya :

  • Pastikan Tubuh Dalam Kondisi Fit
Dalam musim penghujan tentu kemungkinan terjadinya cuaca extrim, seperti angin kencang, badai dan hujan akan lebih sering terjadi, apabila kondisi tubuh tidak dipersiapkan sebelum pendakian, maka akan sangat fatal apabila terjadi cuaca extrim saat melakukan pendakian. 
  • Bawa Jas Hujan
Bawalah jas hujan, selain untuk melindungi diri dari guyuran hujan. Terkadang cuaca cerah sebelum melakukan pendakian membuat pendaki meremehkan peralatan ini. 
  • Gunakan Pakaian yang mudah kering 
Meski sudah memakai jas hujan terkadang rembesan air hujan dapat membasahi pakaian yang kita gunakan.
  • Bawa Plastik
Plastik ketika musim penghujan sangat penting, gunakan plastik untuk membungkus pakaian atau sleeping bag agar tetap kering, meski dalam tas dan dilindungi rain cover, terkadang suhu didalam akan menjadi lembab, sehingga untuk memastikan pakaian tetap kering, maka gunakanlah plastik untuk membungkus.
  • Ketahui Kondisi Jalur
Musim penghujan membuat cuaca tidak bisa diprediksi, jika kita mengetahui kondisi jalur, maka ketika cuaca buruk ditengah perjalanan, maka kita bisa tahu lokasi-lokasi yang cocok untuk berlindung ataupun mendirikan tenda.

  • Buat Parit Ketika Mendirikan Tenda
Buatlah parit disekitar tenda, sehingga ketika hujan tiba terlindungi dari aliran air.

  • Perhatikan Lokasi Untuk Mendirikan Tenda
Jangan mendirikan tenda dibawah pohon besar, karena pepohonan yang besar lebih tinggi resikonya untuk tumbang dan tersambar petir, lebih baik dirikan denda didekat semak belukar, karena kita dapat terlindungi dari angin kencang.

  • Bawa bahan penyerap air
Bahan penyerap air bisa koran,tisu, spon dll. Peralatan ini bisa berfungsi untuk membantu mengeringkan sepatu ataupun tenda yang terkena rembesan air hujan. 

  • Jangan Memaksakan Diri
Ketika cuaca buruk jangan memaksakan diri anda untuk melanjutkan pendakian, selain membahayakan diri sendiri anda juga akan membahayakan rekan satu tim anda. 

Mungkin sekian dulu tips dari saya, mungkin teman-teman pembaca mau menambahkan silahkan tulis dikolom komentar. Resiko dalam sebuah pendakian mungkin bisa terjadi kapan saja, persiapan yang matang akan menghindarkan/meminimalkan resiko dalam perjalanan anda, selamat mendaki dan salam lestari :D. 

Comments
0 Comments
Facebook Comments by Media Blogger