Sabtu, 17 Oktober 2015

Menanam Terumbu Karang Di Pantai Bama

Gambar. 1 Terumbu karang yang akan di tanam

Saat itu kami berjalan dan mengambil beberapa foto dipinggiran pantai, tiba-tiba ada sebuah kapal kecil yang berlabuh ditepian pantai, mereka adalah TNI-AL (Marinir) yang sedang melakukan penanaman Terumbu Karang di sekitar Pantai Bama. Saat itu saya berbincang dengan mereka dan menanyakan, apa sih yang mereka lakukan?. "Pengen ikut gak mas? ayo gabung saja", kata salah satu anggota Marinir, tidak saya duga kami malah dibolehkan untuk ikut ke kapal dan melihat penanaman terumbu karang secara langsung. Apa yang terjadi selanjutnya, yuk baca selengkapnya diparagraf selanjutnya.

Ini adalah cerita lanjutan dari postingan saya sebelumnya yang berjudul "Taman Nasional Baluran". Pantai Bama merupakan sebuah pantai yang terletak di kawasan Taman Nasional Baluran (Situbondo, Jawa Timur). Setelah puas berkeliling melihat keindahan padang savana di Bekol, saya dan Shelina melanjutkan perjalanan ke Pantai Bama. Pantai Bama terletak tidak jauh dari Savana Bekol, mungkin sekitar 4 km. Saat itu kami menempuhnya menggunakan motor. Diperjalanan banyak rusa dan monyet yang berlalu-lalang dipinggir jalan, ada juga yang berada di tengah jalan, sehingga terkadang kami harus membunyikan klakson agar mereka menepi. Selain itu tampak Padang Savana dan Gunung Baluran yang menjadikan pemandangan semakin lengkap dan indah.

Gambar 2. Perjalanan ke Pantai Bama

Jam 12.30, kami sampai di Pantai Bama. Di area parkir Pantai Bama banyak sekawanan monyet yang berkerumunan. Mereka berlarian kesana-kemari mencari makanan dan terkadang saling berebut. Sesekali mendekati kami mencari-cari sesuatu dan berharap mendapat makanan. Sayangnya kami tidak membawa makanan saat itu, kasian. Meskipun liar, tapi tenang saja monyet-monyet disini cukup bersahabat, yang penting jangan diganunggu. Oh iya mereka sering tertarik dengan kantong plastik yang dibawa pengunjung, karena kantong plastik yang dibawa pengunjung biasanya adalah makanan.

Setelah memarkirkan motor, kami mengambil beberapa foto di Pantai Bama. Setelah itu berjalan di tepian pantai, nah disinilah kami bertemu oleh beberapa personil TNI-AL (Marinir) yang sedang menanam terumbu karang di Pantai Bama. Mereka menepi untuk mengambil bibit terumbu karang yang akan di tanam. Tak disangka, saat kami bertegur sapa dengan mereka, kami ditawari untuk bergabung menanam terumbu karang di sekitar pantai.

Satu persatu kami naik ke kapal, setelah itu bibit terumbu karang di angkut. "Berangkat !!!" teriak salah satu anggota marinir kepada temannya, mesin dinyalakan, kapal pun melaju melewati ombak-ombak kecil dan perlahan menjauh dari tepian pantai. Mungkin sekitar 500  meter, disinilah lokasi penanaman terumbu karang. Saat itu sudah ada beberapa anggota Marinir yang memakai peralatan menyelam. Mereka bertugas untuk menempatkan terumbu-terumbu karang yang telah di bawa.

Disini beberapa anggota yang berada di atas kapal mengangkat bibit terumbu karang. Kemudian anggota menyelam memberikan aba-aba dan mengarahkan bibit-bibit terumbu karang tersebut.

Gambar 3. Menanam Terumbu Karang

Kami cukup lama berada di lokasi penanaman terumbu karang, bahkan sempat makan siang bersama rekan-rekan marinir yang sedang bertugas. Jam 13.30, kami kembali menepi untuk mengambil bibit-bibit terumbu karang. Sampai ditepian pantai saya dan Selina berpisah dengan rekan-rekan Marinir ini dan melanjutkan perjalanan. Sedangkan rekan-rekan Marinir kembali melanjutkan penanaman terumbu karang. Saat itu kami melanjutkan perjalanan dan menghabiskan sisa waktu dengan berkeliling di kota. Sekian cerita saya di Pantai Bama, ikuti catatan perjalanan saya selanjutnya yah, masih di Banyuwangi :D.